Mengenal Lebih Mendalam Penyakit dan Cara Mengobati Orchitis

Dokter Anda mungkin akan memulai dengan riwayat medis orchitis dan pemeriksaan fisik untuk memeriksa pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha Anda dan testis yang membesar di sisi yang sakit. Dokter Anda mungkin juga melakukan pemeriksaan dubur untuk memeriksa pembesaran atau nyeri prostat.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan:

  • Layar IMS. Jika Anda keluar dari uretra, usap sempit dimasukkan ke ujung penis Anda untuk mendapatkan sampel cairan. Sampel diperiksa di laboratorium untuk gonore dan klamidia. Beberapa layar IMS dilakukan dengan tes urin.
  • Tes urin. Sampel urin Anda dianalisis untuk melihat apakah ada yang abnormal.
  • Ultrasonografi. Tes pencitraan ini adalah yang paling umum digunakan untuk menilai nyeri testis. Ultrasonografi dengan Doppler warna dapat menentukan apakah aliran darah ke testis Anda lebih rendah dari normal – menunjukkan torsi – atau lebih tinggi dari normal, yang membantu mengkonfirmasi diagnosis orchitis.

Mengobati orchitis bakteri

Antibiotik diperlukan untuk mengobati orchitis bakteri dan epididimo-orchitis. Jika penyebab infeksi bakteri adalah IMS, pasangan seksual Anda juga perlu perawatan. Konsumsilah seluruh antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda, bahkan jika gejala Anda lebih cepat berkurang, untuk memastikan bahwa infeksi tersebut hilang. Mungkin butuh beberapa minggu agar kelembutannya hilang. Beristirahat, menyangga skrotum dengan tali atletik, mengoleskan kompres es dan minum obat pereda nyeri dapat membantu meredakan ketidaknyamanan.

Mengobati orchitis virus

Perawatan ditujukan untuk menghilangkan gejala. Dokter Anda mungkin merekomendasikan:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau naproxen sodium (Aleve)
  • Istirahat di tempat tidur dan angkat skrotum Anda
  • Paket dingin
  • Kebanyakan orang dengan orchitis virus mulai merasa lebih baik dalam tiga hingga 10 hari, walaupun itu bisa memakan waktu beberapa minggu agar kelembutan skrotum menghilang.

Apa itu orchitis?

Orchitis adalah peradangan pada testis. Ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Kedua testis dapat dipengaruhi oleh orchitis pada saat yang sama. Namun, gejalanya biasanya muncul hanya dalam satu testis. Jenis peradangan testis ini sering dikaitkan dengan virus gondong.

Gejala dan tanda orchitis

Nyeri pada testis dan selangkangan adalah gejala utama orchitis. Anda mungkin juga memiliki:

  • kelembutan di skrotum
  • buang air kecil yang menyakitkan
  • ejakulasi menyakitkan
  • skrotum yang bengkak
  • darah dalam air mani
  • debit abnormal
  • prostat yang membesar
  • pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan
  • demam
  • Penyebab orchitis
  • Virus atau bakteri dapat menyebabkan orchitis.

Penyebab paling umum dari orchitis virus adalah gondong. Mumps adalah penyakit virus pada masa kanak-kanak yang jarang terjadi di Amerika Serikat karena program imunisasi yang efektif. The Mayo Clinic memperkirakan bahwa 33 persen pria yang mendapatkan gondongan saat remaja juga menderita orchitis. Orchitis virus yang terkait dengan gondok berkembang mulai dari empat hingga 10 hari setelah kelenjar ludah membengkak. Pembengkakan kelenjar ludah adalah gejala dari gondong.

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan orchitis pada pria. Infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore, klamidia, dan kondisi terkait yang disebut epididimitis dapat menyebabkan orchitis juga. Epididimitis adalah peradangan epididimis. Ini adalah tabung yang menyimpan sperma dan menghubungkan testis ke vas deferens.

Pilihan pengobatan

Tidak ada obat untuk orchitis virus, tetapi kondisinya akan hilang dengan sendirinya. Sementara itu, Anda dapat menggunakan obat di rumah untuk mengelola gejala Anda. Mengambil penghilang rasa sakit, mengoleskan es, dan mengangkat testis jika memungkinkan dapat membuat Anda lebih nyaman. Orchitis bakteri diobati dengan antibiotik, obat antiinflamasi, dan kompres dingin. Terlepas dari sumber peradangan Anda, pemulihan penuh bisa memakan waktu beberapa minggu. Menjauhkan diri dari hubungan seksual dan angkat berat saat Anda mengobati orchitis. Jika Anda terinfeksi IMS, pasangan Anda juga perlu perawatan.

Pencegahan orchitis

Beberapa kasus orchitis tidak dapat dicegah. Ini terutama benar jika Anda menderita masalah saluran kemih bawaan. Namun, Anda dapat melindungi diri dari jenis orchitis virus tertentu. Vaksinasi diri Anda dan anak-anak Anda terhadap gondong untuk mengurangi risiko tertular orchitis. Mempraktikkan seks aman dapat membantu mencegah orchitis bakteri. Gunakan kondom dan tanyakan pada pasangan Anda tentang riwayat seksual mereka.

Sumber :

https://www.healthline.com

https://www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*