Bagaimana cara memeriksa apakah ponsel tidak terkunci

TeknologiTerbaru : Jika Anda mempertimbangkan untuk mengalihkan SIM ke jaringan baru untuk menghemat uang atau meningkatkan sinyal, atau jika Anda berpikir untuk menjual telepon Anda, Anda mungkin mencoba mencari tahu apakah telepon terkunci ke jaringan tertentu atau tidak. Di sini, kami menunjukkan cara memeriksa dan mengetahui apakah ponsel Anda tidak terkunci.

Ada sejumlah alasan mengapa Anda mungkin menginginkan ponsel atau tablet yang tidak terkunci jika memiliki konektivitas seluler. Mungkin Anda ingin menggunakan kartu SIM yang berbeda saat berada di luar negeri untuk panggilan SMS yang lebih murah, atau ingin berpindah jaringan. Atau mungkin Anda telah membeli ponsel secara online dan ingin tahu apakah ponsel terkunci ke jaringan tertentu, atau ingin memastikan ponsel tidak terkunci untuk menjualnya.

Jika ponsel atau tablet Anda terkunci, Anda hanya dapat menggunakan kartu SIM dari jaringan seluler yang terkunci. Ini bisa sangat membuat frustrasi jika Anda perlu menggunakan SIM dari jaringan yang berbeda hanya untuk mengetahui bahwa ponsel Anda tidak mengizinkannya.

Jika Anda membeli ponsel Anda tanpa SIM (dan Anda membelinya dalam kondisi baru dan bukan bekas), hampir pasti kuncinya akan terbuka untuk memungkinkan Anda memutuskan SIM mana yang ingin Anda masukkan ke dalamnya. Namun, membeli satu di kontrak dari toko telepon atau jaringan mungkin berarti terkunci.

Ponsel yang terkunci sekarang jauh lebih jarang daripada dulu, dan jauh lebih mudah untuk membukanya jika terkunci, jadi tidak perlu khawatir jika Anda menemukannya. Mungkin dikenakan biaya yang kecil, dan terkadang Anda harus menunggu sampai kontrak Anda habis untuk membuka kunci telepon, tetapi itu akan tergantung pada jaringan tempat telepon terkunci.

Bagaimana cara memeriksa apakah ponsel Anda tidak terkunci

Jika Anda memiliki ponsel – apakah itu iPhone, Android, Windows Phone, BlackBerry atau yang lainnya – maka hal termudah untuk memeriksa apakah ponsel Anda tidak terkunci adalah dengan mencoba berbagai kartu SIM di dalamnya.

Anda dapat meminjam kartu SIM dari teman atau anggota keluarga yang berasal dari jaringan yang berbeda dengan yang Anda gunakan, dan memasukkannya ke telepon Anda untuk memeriksa apakah Anda memiliki sinyal. Jika tidak, kemungkinan ponsel Anda memang terkunci. Anda mungkin juga akan disambut dengan pesan yang meminta kode buka kunci SIM, yang mengonfirmasi bahwa ponsel Anda terkunci.

Kami sarankan untuk memulai ulang telepon sebelum memeriksa, karena terkadang perlu dimulai ulang agar kartu SIM diambil oleh perangkat itu sendiri.

Cara yang baik untuk menentukan apakah kartu SIM baru berfungsi adalah dengan mencoba melakukan panggilan telepon. Jika tidak terhubung, kemungkinan ponsel Anda terkunci.

Jika Anda tidak memiliki ponsel karena Anda membelinya, Anda harus bertanya dan memercayai penjual untuk mengetahuinya. Tetapi bahkan jika ternyata terkunci, ada perbaikan yang mudah dalam banyak kasus sehingga tidak mungkin membuat ponsel baru Anda tidak berguna.

Anda mungkin menemukan aplikasi yang mengklaim dapat memberi tahu Anda jika ponsel Anda tidak terkunci, tetapi kami akan menghindari menggunakan metode ini karena mereka tidak selalu dapat dipercaya. Cukup mencoba kartu SIM yang berbeda adalah pilihan terbaik Anda.

Jika Anda menemukan bahwa ponsel Anda memang terkunci, ikuti tautan di bawah ini untuk membuka halaman buka kunci untuk jaringan Anda.

Buka kunci telepon EE
Buka kunci telepon Vodafone
Buka kunci telepon Tiga
Buka kunci telepon O2
Buka kunci ponsel Tesco
Buka kunci ponsel GiffGaff
Buka kunci ponsel Virgin Mobile

Atau gunakan aplikasi pembuka kunci pihak ketiga seperti DoctorSIM. Kami akan merekomendasikan berhati-hati untuk hanya menggunakan layanan membuka kunci yang Anda percaya. Kami telah menguji DoctorSIM dan menemukan itu berhasil dan cukup murah, tetapi beberapa akan mengenakan biaya yang jauh lebih tinggi.

Kami memiliki informasi lebih lanjut tentang cara melakukan ini di artikel kami cara membuka kunci ponsel untuk menggunakan SIM apa pun.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>